KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Perumda Air Minum Batiwakkal resmi meluncurkan aplikasi Batiwakkal dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan pihak ketiga, Bankaltimtara, BNI, BRI, Mandiri, dan Pos Indonesia.
Acara tersebut digelar di Ballroom Bumi Segah Hotel dengan dihadiri Bupati Berau, Sekda Berau, Dirut Perumda Air Minum Batiwakkal, Para Manager atau perwakilan dari pihak ketiga (Bank Kaltimtara, BNI, BRI, MANDIRI, dan POS INDONESIA), serta para tamu undangan, pada Selasa (19/7/2022).
Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman, menjelaskan, acara yang dilaksanakan pada hari ini merupakan penandatanganan naskah kerjasama untuk pembayaran, dimana masyarakat dapat membayar melalui bank bank tersebut, kemudian launching peluncuran aplikasi Batiwakkal.
“Aplikasi ini berguna untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran secara online dan melaporkan hal-hal/keluhan-keluhan tarkait Perumda Air Minum Batiwakkal, agar dapat direspon dengan cepat oleh pihak kami,” jelasnya.
Untuk diketahui, Aplikasi Batiwakkal memuat layanan lengkap, meliputi catat meter mandiri bagi pelanggan, data tagihan pembayaran, riwayat pemakaian air, laporan pengaduan, pendaftaran sambungan baru, hingga update informasi terbaru mengenai Perumda Air Minum Batiwakkal.
Dalam kesempatan itu, Saipul mengungkapkan, Perumda Air Minum Batiwakkal mengalami kerugian sekitar Rp 50 Rupiah/kubik dari air yang di distribusikan kepada pelanggan. Hal itu dikarenakan tarif untuk di kabupaten Berau termasuk salah satu tarif termurah diKaltim, bahkan se Indonesia.
“Tapi anehnya, Perumda masih mendapatkan laba, Karena ada pendapatan yang lain. Seperti dari pemasangan-pemasangan pelanggan baru,” ungkapnya.
Sementara itu, dalam sambutan Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, mengatakan, hal ini merupakan suatu langkah positif dalam upaya mempermudah masyarakat dalam hal pembayaran, yang dapat dilakukan secara online.
“Pembayaran dengan metode ini juga akan menjadikan pengurusan lebih efektif, baik dari sisi waktu, biaya, serta tenaga,” katanya.
Dijelaskannya, dirinya mendorong Perumda Batiwakkal agar terus berbenah, mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas layanan serta prestasi, semata-mata untuk kepuasan dan kesejahteraan masyarakat Berau.
Untuk diketahui, dalam hal ini pemkab Berau memiliki komitmen kuat dalam hal pemenuhan sarana air bersih yang ditunaikan melalui program pemasangan 25 ribu sambungan baru dalam lima tahun, sebagai salah satu dari 18 agenda prioritas pemkab Berau.
“Memang target ini jika kita lihat berdasarkan RPJMD ditargetkan sampai 2026, tetapi saya menginginkan target ini bisa dicapai pada tahun 2024, sehingga masyarakat bisa lebih cepat merasakan fasilitas air bersih sebagaimana mestinya,” tuturnya.
Bupati berharap, kinerja Perumda Batiwakkal akan semakin baik dan semakin tanggap dalam memenuhi keinginan masyarakat. Hal ini selaras dengan salah satu agenda prioritas pemkab Berau dalam upaya mendorong pemanfaatan teknologi informasi untuk melaksanakan program pembangunan.
“Yaitu, perwujudan tata-kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas melalui SDM yang profesional berbasis digital teknologi,” tandasnya. (ADV)
Penulis : Rizal
Editor : Sofi
285 Comments