Sebanyak 72 Pegawai Pemkab Kutim Dilatih Jadi Jurnalis

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

 

KALTIMTARA.ID, SANGATTA – Senin (7/07/2023) Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bekali 72 pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutim dalam Pelatihan Jurnalistik dan Multimedia ‘Mobile Journalism’.

Puluhan pegawai tersebut yang merupakan perwakilan dari masing-masing perangkat daerah (PD) di lingkup Pemkab Kutim. Narasumber dari media Liputan6.com, yakni Harun Mahbub Billah (Redaktur Liputan6. com), dan Awaluddin Jalil (Jurnalis Liputan6.com).

Kepala Diskominfo Staper Kutim melalui Sekretarisnya Rasyid mengatakan, pelatihan itu bertujuan memberikan pelatihan daasr terkait teknik penulisan Jurnalis dan Ilmu Dasar mobile jurnalis kepada pengelola website dan media sosial PD di lingkup Pemkab Kutim.

“Para peserta mampu membuat video (klip news/ reels saat ada event atau kegiatan di PD masing-masing,” ungkap Rasyid,

Berikutnya, peserta mampu membuat berita rilis untuk melakukan desiminasi berbagai informasi pembangunan daerah di perangkat daerah masing-masing kepada masyarakat, khususnya websiten dan media sosial pemerintah.

Selain itu, lanjut Rasyid, juga untuk mengoptimalkan konten website dan media sosial di masing-masing PD. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai hari ini Senin (17/07) hingga Selasa (18/07) yang digelar di Ruang Damar, Gedung Serba Guna (GSG), Kawasan Perkantoran Pemkan Kutim, Bukit Pelangi Snagatta

Adapun materi yang disampaikan narasumber diantaranya, mengenal dunia jurnalistik, pengertian jurnalistik, prinsip-prinsip dasar jurnalis, nilai berita (news value) produk-produk jurnalis, jenis berita, peran jurnalis, dan materi-materi menarik lainnya.

Penulis : Tim / Kominfo Kutim