KSAD Apresiasi Babinsa Koramil 08/Maratua sebagai Pahlawan Pembangunan di Daerah 3T

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, JAKARTA – Babinsa Koramil 08/Maratua Kodim 0902/Berau, Sersan Mayor Daryono menerima penghargaan atas dedikasi luar biasa dalam menjalankan tugas di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terpencil) dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang bertempat di Auditorium Mandiri University Wijayakusuma, Jakarta Barat pada Kamis(10/10/2024).

Penganugerahan ini merupakan simbol apresiasi terhadap peran strategis Babinsa dalam mengemban tugas kemiliteran sekaligus mendorong kemajuan di daerah-daerah yang sulit dijangkau. Babinsa sebagai ujung tombak TNI di wilayah 3T tak hanya bertugas menjaga keamanan, tetapi juga aktif berperan dalam program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

KSAD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menekankan pentingnya kontribusi Babinsa dalam mendukung pemerintah untuk mengatasi berbagai tantangan di wilayah 3T. Sebab dikatakannya Babinsa memiliki peran sentral tidak hanya dalam menjaga stabilitas keamanan, tetapi juga dalam mengakselerasi pembangunan di daerah-daerah terpencil.

“Pentingnya komunikasi dan kolaborasi yang dijalin oleh Babinsa dengan tokoh masyarakat serta pihak-pihak terkait sehingga setiap program yang dilaksanakan dapat berjalan tepat sasaran dan memberikan dampak positif yang signifikan,” ujarnya.

Dirinya menuturkan bahwa penghargaan ini bukan hanya bentuk pengakuan individu melainkan cerminan semangat seluruh jajaran TNI, khususnya Babinsa untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara.

“Wilayah 3T kerap menghadapi berbagai keterbatasan, baik dalam hal akses layanan dasar maupun pembangunan. Di sinilah peran Babinsa menjadi sangat penting sebagai jembatan yang menghubungkan daerah tersebut dengan kemajuan,” ungkapnya.

Ia berharap agar Babinsa Koramil 08/Maratua terus menunjukkan kinerja yang optimal dan menjadi teladan bagi Babinsa lainnya di seluruh Indonesia. Dengan semangat pengabdian yang tinggi, mereka diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

“Kita pun berharap terciptanya perubahan positif yang berdampak bagi masyarakat di daerah-daerah terpencil demi terwujudnya Indonesia yang lebih adil dan sejahtera,” tuturnya

Babinsa Koramil 08/Maratua Kodim 0902/Berau, Sersan Mayor Daryono menyampaikan rasa syukur dan kehormatan atas penghargaan yang diterimanya.

“Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh rekan-rekan Babinsa yang selalu siap melayani dan mengabdi di daerah 3T,” terangnya.

Menurutnya, penghargaan ini tidak hanya menjadi bukti pengabdian, tetapi juga motivasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan dukungan dan perhatian lebih.

Penulis : Dewi