Disdik Berau Gelar Festival Literasi Perdana dan Luncurkan Inovasi Pelayanan Pendidikan

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan budaya literasi di Kabupaten Berau, Dinas Pendidikan Kabupaten Berau menggelar Festival Literasi perdana pada Jumat (18/4/2024) di Hotel SM Tower.

Acara ini sekaligus menandai peluncuran inovasi layanan pendidikan yang diberi nama “SIAP DIDIK” sebuah inisiatif yang digagas oleh Kepala Dinas Pendidikan Berau, Mardiatul Idalisah. Festival Literasi Berau 2024 ini diikuti oleh 2.140 siswa dari berbagai sekolah di Kabupaten Berau.

Kepala Dinas Pendidikan Berau, Mardiatul Idalisah mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memupuk minat baca, menulis, dan berpikir kritis di kalangan pelajar, serta mengintegrasikan literasi sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

“Literasi adalah kunci untuk membuka pintu pengetahuan dan kreativitas,” tegasnya.

“Oleh sebab itu, melalui festival ini kami berharap dapat menumbuhkan generasi muda yang cerdas, inovatif, dan mampu menghadapi tantangan masa depan,” tambahnya.

Dikatakannya inovasi SIAP DIDIK hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan pelayanan pendidikan yang lebih efektif dan efisien.

“SIAP DIDIK dirancang untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dengan proses yang lebih sederhana, transparan, dan akuntabel,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah, M. Said memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Yang mana Festival Literasi dan inovasi SIAP DIDIK ini merupakan langkah maju yang patut diapresiasi.

“Kedua inisiatif ini selaras dengan visi Kabupaten Berau untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berdaya saing,” tuturnya.

Dirinya menekankan pentingnya peran guru sebagai ujung tombak pendidikan. Oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan kompetensi guru dapat terus ditingkatkan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas

“Tentunya kita berharap kedua inisiatif ini dapat menginspirasi daerah lain untuk turut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” tutupnya.

Penulis : Dewi