Kukar Resmi Terapkan PPKM Level 4 Hingga Dua Pekan Kedepan

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Akhirnya Pemerintah Daerah (Pemda) Kutai Kartanegara (Kukar) terapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Setelah mendapat instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Menyusul Balikpapan, Bontang, Berau, Samarinda, Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Barat (Kubar) dan Kutai Timur (Kutim).

Dalam pelaksanaannya, PPKM level 4 akan menitikberatkan pada pelaksanaan Testing, Tracing dan Testing sebagai penanganan awal di hulunya. Memastikan di hilirnya dapat teratasi dengan baik.

Untuk itu pengetatan di hulunya ini akan lebih diperketat. Apalagi varian delta mulai memasuki beberapa daerah di Kalimantan Timur (Kaltim). Disinyalir tingkat penyebarannya yang dinilai sangat cepat dan mudah.

Selain itu, memastikan pasien-pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) benar-benar dapat terpantau dengan baik, termasuk proses perawatan dan pengobatannya selama isoman. Salah satu langkah yang diambil dengan mendirikan dapur umum, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pasien isoman, sehingga pasien isoman tidak lagi keluar rumah.

“Faktor penentunya masih kesadaran dan partisipasi masyarakat, dalam penerapan protokol kesehatan,” jelas Bupati Kukar, Edi Damansyah, Senin (26/7/2021).

Namun meski menerapkan PPKM level 4 seperti 7 daerah lainnya di Kaltim, tetapi Edi memastikan Kukar bakal menerapkan PPKM level 4 sesuai kebutuhan dan situasi dan kondisi di Kukar.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, melanjutkan jika berbagai pertimbangan diambil dalam penerapan PPKM level 4. Memastikan pengetatan akan terus berjalan pada akhir pekan. Memastikan roda ekonomi bisa terus berjalan.

“Punya kebijakan, agar ekonomi rakyat tetap berjalan, jadi tidak ditutup secara ekstrim, kita hanya membatasi,” terang Sunggono.

Maka dari itu, penerapan dan pembatasan di Kukar tidak akan seketat daerah lain yang turut melaksanakan PPKM level 4. Dengan tujuan memastikan kehidupan masyarakat Kukar secara meluas bisa terjamin dengan baik.

Penulis : Muhammad

Editor : Fairuz