Kebutuhan Obat dan Oksigen di Kukar Masih Terjamin

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Stok oksigen dan obat-obatan di Kutai Kartanegara dipastikan aman untuk memberikan penanganan kepada pasien Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar, Martina Yulianti. Hanya saja stok vaksinasi terus diajukan dan diusulkan kepada pemerintah pusat untuk pemenuhannya.

Memang, oksigen dan obat-obatan dianggap urgent pemenuhannya. Dikarenakan kasus Covid-19 di Kukar yang terus meningkat. Jangan sampai barang penting seperti ini tidak tersedia, sehingga mengganggu penanganan kepada pasien.

Martina Yulianti mengaku, saat ini stok oksigen terus berdatangan ke 3 rumah sakit plat merah milik pemkab Kukar, RS Darurat Wisma Atlet, RS Lapangan PKM dan seluruh puskesmas yang menangani kasus Covid-19 di Kutai Kartanegara.

Tak hanya itu, stok obat pun disiapkan oleh Dinkes Kukar, untuk para pasien isolasi mandiri (isoman). Hal tersebut memastikan tidak terjadi perburukan saat menjalani perawatan saat isoman hingga menyebabkan meninggal dunia. “Di Kukar sejauh ini masih aman saja, obat sampai oksigen,” ungkap Martina Yulianti, Selasa (27/7/2021).

Komunikasi dan kesepakatan dengan PT Samator, produsen serta distributor oksigen yang terletak di Kecamatan Samboja sudah dilakukan oleh Dinkes Kukar. Hal itu guna memastikan ketersediaan oksigen untuk Kukar.

Selain itu, Pemkab Kukar juga memantau langsung pabrik gas lainnya di kawasan Kecamatan Loa Janan, agar ketersediaan kebutuhan oksigen yang tinggi bisa teratasi dan mudah didapatkan.(adv)

Penulis : Muhammad
Editor : Fairuz