Kodim 0906/Kukar Kembangkan Desa Tanjung Batu Menjadi Desa Mandiri

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Pengembangan kawasan strategis cadangan pangan di Desa Tanjung Batu terus dikembangkan. Bahkan terus berkembang menjadi Desa Mandiri. Hal ini sebagai upaya untuk terus mengeksplorasi apa yang ada di Desa Tanjung Batu. Sehingga tidak hanya pengembangan di sistem ketahanan pangan saja, namun di sisi lainnya.

Inipun dijelaskan oleh Dandim 0906/Kukar, Letkol (Inf) Charles Alling. Bagaimana Desa Tanjung Batu terus dikembangkan sehingga lahir kembali menjadi Desa Mandiri. Alling pun mengatakan ini akan terus berjalan dan berkelanjutan, sehingga secara konsisten dapat mencapai apa yang ingin diharapkan.

“Sehingga tidak hanya seremonial saja, namun juga konsisten. Sehingga keinginan dan tujuan membentuk desa mandiri benar-benar dirasakan masyarakat Desa Tanjung Batu,” ungkap Alling, Rabu (4/8/2021)

“Dan juga kita pun bisa survive dalam ketahanan pangan, dan bisa memberikan dorongan positif di tanjung baru,” tambah Alling lagi.

Disisi lain, Bupati Kukar, Edi Damansyah, mengapresiasi kerja keras dan kolaborasi antara Kodim 0906/Kukar dalam mengembangkan wilayah kawasan cadangan pangan strategis di Desa Tanjung Batu ini. Bersama Polres Kukar dan juga dunia usaha di Kukar.

Terlebih progres yang menjanjikan ditunjukkan di kawasan Desa Mandiri di Desa Tanjung Batu. Dari target 460 hektare, yang secara berkesinambungan sudah terbuka mencapai 60 hektare. Dengan harapan pemenuhan kebutuhan pangan pokok untuk Desa Tanjung Batu bisa dipenuhi dari kawasan cadangan pangan ini. Dan Kukar serta Kaltim secara meluas.

Disela-sela panen cabai di kawasan cadangan pangan ini, Edi mengharapkan pengembangan kawasan pangan ini dapat terus dilaksanakan dan keberlanjutan. Dengan konsep desa mandiri.

“Paling tidak bisa berkontribusi untuk Kaltim,” pungkas Edi.

Penulis : Muhammad

Editor : Fairuz