PT Sumalindo Terbakar, Kerugian Capai Rp 35 Miliar

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, SAMARINDA – Perusahaan kayu milik PT Sumalindo Lestari Jaya (SLJ) yang berada di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Loa Janan, Kecamatan Loa Janan Ilir, Samarinda terbakar pada Rabu (4/8/2021), sekitar pukul 20.00 wita.

Api dengan cepat membesar dan membakar salah satu gudang milik SLJ, yakni gudang penyimpanan suku cadang dan bahan kimia.

Dari pantauan di lapangan, kebakaran terjadi kurang lebih selama 3 jam. Meski tidak ada korban jiwa, namun satu karyawan dan 3 relawan kebakaran mengalami sesak napas, serta 4 petugas damkar mengalami gatal-gatal.

Menurut keterang seorang petugas pemadam kebakaran yang berada di lokasi, Sunardi Siman, kebakaran diduga terjadi akibat terjadi korsleting listrik pada mesin bubut.

“Dugaan sementara dari informasi yang kami terima yaitu arus pendek yang terjadi,” paparnya saat ditemui di lokasi kebakaran, Rabu (4/8/2021) malam.

“Kendala saat pemadaman api, yakni sulit untuk masuk langsung ke dalam gedung karena bangunannya sebagian runtuh,” sambungnya.

Disisi lain, Kepala Tim Produksi PT SLJ Munawar mengatakan, pada saat terjadi kebakaran tidak ada aktivitas yang sedang berjalan di gudang tersebut.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Tetapi sarana yang menunjang aktivitas kerja itu habis semua terbakar,” ujarnya.

Lanjutnya, ia akan segera mengupayakan secepat mungkin dan melakukan koordinasi di Banjarmasin, agar segera mengirim kebutuhan yang saat ini sudah tidak bisa terpakai.

“Akibat kejadian ini estimasi kerugian yang dialami perusahaan sekitar Rp 35 miliar,” tutupnya.

Kejadian ini melibatkan Relawan Kota Samarinda, relawan Gabungan Loa Janan, Disdamkar Kota Samarinda, Polsek Samarinda Seberang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tim medis, Satpol PP Samarinda, Dishub Samarinda dan Sat Brimob Polda Kaltim. Serta 15 unit tanki fire truck Disdamkar, PMK dan relawan dan 35 unit portabel dari relawan.

Penulis : Herdi

Editor : Fairuz