4.689 Nakes Kukar Terima Vaksin Dosis Ketiga

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Ribuan tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya menerima vaksin dosis ketiga. Seperti yang digembar-gemborkan belum lama ini, vaksin tersebut diterima langsung dari Dinkes Kalimantan Timur (Kaltim), pada Sabtu (7/8/2021) pagi.

Vaksin tersebut langsung disuntikkan kepada nakes, terutama yang berada di Kecamatan Tenggarong, yaitu di RSUD AM Parikesit Kukar dan Wisma Atlet Kukar.

Martina Yulianti, kepala Dinkes Kukar, mengatakan jika penyuntikan dilakukan secara bertahap, tidak bisa secara serentak. Hal ini dikarenakan penerima vaksin dosis ketiga jenis Moderna akan menimbulkan efek samping, seperti demam. Tentu jika dipaksakan dilakukan serentak, dikhawatirkan mengganggu kinerja nakes dalam menangani pasien yang ada di rumah sakit.

“Ya itu bertahap, jadi tidak boleh serentak, nanti pada demam (perawat), gak ada yang merawat pasien,” kata Martina, Sabtu (7/8/2021).

Total ada sebanyak 4.689 nakes yang akan menerima suntikan dosis ketiga, hingga dua pekan kedepan. Untuk hari pertama dilakukan pada nakes yang ada di Kecamatan Tenggarong terlebih dahulu. Baru secara bertahap ke kecamatan lainnya.

Selain itu, yang menyebabkan dilakukan secara bertahap proses penyuntikkannya. Dikarenakan perlakuan penyimpanan vaksin Moderna berbeda dengan vaksin Sinovac yang selalu digunakan di Kukar. Mekanisme penyimpanan vaksin Moderna harus dibekukan dengan suhu dibawah nol derajat. Sehingga ketika akan disuntikkan, harus dicairkan terlebih dahulu. Sifatnya pun harus segera disuntikkan. Jika terlanjur keluar dari penyimpanan dan mencair, tidak bisa lagi dilakukan penyimpanan.

Maka dari itu, Martina memastikan akan mengirim dosis vaksin Moderna setiap hari selama dua Minggu ini. Memastikan jumlah penerima yang sudah siap, agar vaksin bantuan dari Amerika Serikat untuk Indonesia ini tidak terbuang sia-sia.

Penulis : Muhammad

Editor : Fairuz