Diskoperindag Berau Usulkan Rp 12,8 Miliar Untuk Pengembangan UMKM dan IKM

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau tidak hanya fokus pada penanganan Covid-19 saja. Namun juga memperhatikan perkembangan UMKM dan IKM yang ada di Bumi Batiwakkal.

Salah satu potensi yang menjadi perhatian adalah produksi tenun di beberapa wilayah di Bumi Batiwakkal. Pasalnya, produksi tersebut memiliki harga pasar yang cukup tinggi. Hal itulah yang menjadikan Diskoperindag Kabupaten Berau akan bangun Rumah Tenun di Kampung Sukan, Sambaliung.

Plt Sekertaris Diskoperindag Berau, Endang Iriani menyebutkan, usulan DAK IKM untuk tahun anggaran 2022 sebesar Rp 12,8 miliar. Di mana rencananya dana tersebut akan di bangun rumah produksi tenun senilai Rp 11 miliar serta Rp 1,8 miliar untuk kegiatan non fisik.

Endang Iriani juga mengakui, Kabupaten Berau sendiri sampai saat ini sudah memenuhi persyaratan yang ada. Diantaranya, untuk pengusulan fisik lahan sudah clean and clear, sudah memiliki pembangunan rumah kemas beserta peralatan, sosialisasi GMP serta pembentukan UPTD di Diskoperindag dimasing-masing wilayah.

“Alhamdulillah sejauh ini persyaratannya sudah lengkap,” ujar Endang Iriani, saat di konfirmasi melalui sambungan seluler, pada Rabu (11/8/2021).

Endang Iriani juga berharap, dengan dibangunnya rumah tenun tersebut bisa menekan harga penjualan di pasar yang tinggi serta dapat memajukan pengrajin tenun lainnya.

“Kita berharap semoga dengan adanya rumah tenun dapat menekan tingginya harga jual, sehingga masyarakat bisa beli dengan harga terjangkau kedepannya,” tutupnya.(adv)

Penulis : Seno
Editor : Fairuz