Meski Dilanda Hujan, Detik-detik Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-76 di Berau Berjalan Khidmat

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Meski dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi sejak pagi hari, namun pelaksanaan upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Bumi Batiwakkal tetap berjalan dengan khidmat, yang berlangsung di halaman kantor Bupati Kabupaten Berau, pada Selasa (17/8/2021).

Tak hanya itu, ucapara kali ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sedangkan untuk pelaksanaan pengibaran bendera sendiri, yang bertugas hanya 8 pasukan serta tidak ada formasi lengkap.

“Karena terbentur dengan situasi pandemi di negara kita, akhirnya yang ditugaskan hanya 8 orang pasukan pengibar bendera,” ujar pelatih Paskibraka Berau, Serka Musyadi saat ditemui usai upacara.

Lebih lanjut Serka Musyadi mengemukakan, formasi yang digunakan adalah formasi Kepala Garuda. Meski dengan minimnya petugas, namun ia bersama tim akan mengerahkan kemampuan yang terbaik.

“Tadi dilaksanakan dengan formasi Kepala Garuda,” bebernya.

Serka Musyadi juga menjelaskan, arti dari formasi tersebut melambang keberuntungan. Sehingga suatu saat nanti, para petugas pengibar bendera bisa menjadi pemimpin di masa depan.

Sementara itu Bupati Berau, Sri Juniarsih menyebutkan, kemerdekaan adalah kebebasan hak yang melekat pada diri seorang warga negara.

“Kita merdeka untuk menyatakan sikap dan pendapat, serta berbuat dan berinovasi,” kata Sri Juniarsih

Orang nomor satu di Berau itu juga mengingatkan, dalam melaksanakan hak-hak kemerdekaan, tentunya harus di iringi dengan kontrol dari diri masing-masing.

Penulis : Seno
Editor : Fairuz