Pemprov Kaltim Berikan Santunan Kepada Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi, menyerahkan bantuan stimulan kepada anak yatim-piatu yang kehilangan orangtua karena terdampak Covid-19. Bantuan itu sendiri diserahkan secara simbolis kepada 20 anak yang berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kutai Kartanegara, pada Kamis (2/9/2021).

Tak hanya itu, bantuan ini juga akan diserahkan ke Sembilan Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur, dengan total sebanyak 700 anak yang terdata dan akan diberikan santunan. Sementara untuk Kutai Kartanegara, berjumlah 165 anak mendapatkan bantuan yang berasal dari anggaran Pemprov Kaltim.

Hadi Mulyadi menjelaskan, bantuan ini p tidak hanya sebatas stimulan saja. Akan tetapi berkelanjutan dengan bantuan berupa beasiswa pendidikan, sebagai bentuk bantuan jangka panjang. Ia juga menyebutkan, dalam waktu dekat segera digodok dan dibentuk peraturan gubernur (Pergub).

“Sebanyak 700 anak yang akan menerima, setiap anak menerima Rp 2 juta,” ucap Hadi Mulyadi dihadapan awak media.

Lebih lanjut Hadi Mulyadi mengemukakakn, dengan anggaran terbatas yang dimiliki oleh pemprov, tidak akan mampu mengakomodir semua pihak. Tentunya mengharapkan peran serta masyarakat dan pihak berkepentingan lainnya dalam membantu anak-anak ini. Ia pun mengaku, telah mendapatkan informasi dimana Pemda Kukar sudah menyiapkan hal serupa dan kini sedang menyiapkan Perbupnya.

“Saya kira ini luar biasa,” ungkap Hadi Mulyadi.

Sebelumnya, Pemprov Kaltim turut menyusun dan menganggarkan terkait santunan kepada ahli waris yang ditinggalkan orang tua karena Covid-19. Senilai Rp 10 juta untuk masing-masing masyarakat yang meninggal karena Covid-19. Bahkan akan direalisasikan pada APBD-P Kaltim 2021 ini, dengan anggaran mencapai Rp 50 miliar.

“Tapi yang penting dia harus melengkapi administrasinya untuk disampaikan ke Dinas Sosial,” pungkas Hadi Mulyadi.

Penulis : Muhammad
Editor : Fairuz