Plafon RS Pratama Talisayan Runtuh, Wakil Bupati Berau : Ini Menjadi Evaluasi Bersama

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Dikabarkan pada beberapa waktu lalu, plafon di ruangan perawatan RS Pratama Talisayan runtuh sehingga menimpa kasur pasien. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Dalam hal itu Wakil Bupati Berau Gamalis menyebutkan, akan segera melakukan langkah perbaikan atas peristiwa tersebut.

“Akan segera dilakukan perbaikan serta sejumlah tempat lainnya. Ini menjadi sebuah evaluasi,” tegas Gamalis, Jumat (3/9/2021).

Lebih lanjut Gamalis mengemukakan, kejadian ini menjadi evaluasi bersama tidak hanya di RS Pratama Talisayan, melainkan di tempat fasilitas kesehatan (faskes) lainnya yang ada di Bumi Batiwakkal.

Gamalis juga menambahkan, disaat penanganan Covid-19 yang tengah merebak di Indonesia, khususnya Berau sendir, fasilitas kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat penting.

Menurutnya, saat ini Pemkab Berau fokus pada fasilitas penanganan serta penyediaan obat-obatan hingga pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

“Kita memperhatikan detail perawatan dan sebagainya, ternyata ada fasilitas yang kita lupakan,” ungkap Gamalis.

Gamalis juga mengungkapkan, keadaan beberapa faskes yang baru selesai namun kualitas bangunan yang buruk dinilai disebabkan beberapa faktor dan dibutuhkan penyelidikan lebih lanjut guna mengetahui letak kekeliruannya.

“Itu menjadi bagian evaluasi kita, apakah kerusakan bangunan disebabkan usia atau kualitas bangunannya,” beber Gamalis.

Tak hanya itu, Gamalis juga memberikan catatan penting terkait pelaksanaan pembangunan. Sehingga kedepannya bisa dipersiapkan lebih matang lagi, mulai dari perencanaan hingga pengawasan pada saat pelaksanaan. Hal tersebut guna mengurangi kemungkinan kejadian serupa terulang kembali.

“Yang jelas dalam memilih kontraktor bagusnya memang harus di sampaikan dengan kualitas bangunan, termasuk perencanaan hingga pengawasan nanti,” pungkas Gamalis.

Penulis : Seno
Editor : Fairuz