Sambut Porprov dan Persingkat Jarak Menuju Pesisir, DPUPR Berau Bangun 6 Segmen Jalan Baru

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Bukan tanpa alasan, Kabupaten Berau saat ini tengah berbenah memperbaiki jalan menuju destinasi wisata yang ada serta menyambut Porprov Kaltim pada 2022 mendatang. Perbaikan jalan ini akan memangkas jarak perjalanan dari Tanjung Redeb menuju wilayah Pesisir.

Kepada Dinas PUPR Berau, Taupan Madjid menjelaskan pekerjaan segmen jalan Tubaan menuju Tabalar Muara sejauh 30 kilometer akan terpangkas sebanyak 17 Kilometer jika pekerjaan tersebut tuntas.

“Jadi akses jalan yang lama, dari Tubaan menuju Tabalar Muara sebelumnya sejauh km, sementara jalan alternatif ini memangkas hingga menjadi 13 KM,” terang Taupan Madjid, pada Minggu (12/9/2021).

Ia mengaku, pengerjaan jalan alternatif segmen Tubaan menuju Tabalar Muara dikatakannya akan rampung pada Desember 2021 mendatang. Jalan yang nantinya akan memangkas setengah perjalanan ini merupakan jalan tembusan baru. Taupan menegaskan tujuan pembuatan jalan alternatif ini untuk persingkat perjalanan pengendara.

Kepala Dinas PUPR yang baru dilantik 2 hari yang lalu menjelaskan, pengerjaan perbaikan jalan tersebut dilakukan dalam beberapa segmen. Sementara ini akan dilakukan dalam 6 segmen, yaitu Tanjung Redeb-Mantaritip, Mantaritip-Buyung Buyung, Buyung Buyung-Semurut, Semurut-Tubaan, Tubaan-Tabalar Muara serta Tabalar Muara-Biatan Bapinang.

“Jadi ada 6 segmen yang akan dibangun,” tambahnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa segmen tersebut merupakan trase jalan yang digunakan untuk mempersingkat rute serta jarak yang dituju. Ia menyebut, selama ini jalur yang telah ada diakui terlalu banyak kelokan serta banyak jalur yang melintasi pegunungan yang tidak sesuai dengan aturan Bina Marga.

“Jadi jalur yang ada saat ini terlalu banyak berbelok serta melalui jalur gunung yang terlalu tinggi. Karena memang standar Bina Marga ketinggian tidak melebihi 10 persen,” tandasnya.

Penulis : Seno
Editor : Fairuz