Polres Berau Musnahkan 300 Knalpot Brong

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Polres Berau melakukan pemusnahan barang bukti hasil penindakan pelanggaran lalu lintas knalpot racing atau sering disebut knalpot brong di halaman Polres Berau, Jalan Pemuda, Tanjung Redeb, pada Selasa (14/9/2021).

Dalam giat tersebut, kepolisian memusnahkan setidaknya 300 knalpot yang disita, dengan 280 knalpot kendaraan roda dua serta 20 knalpot roda empat.

“Hari ini kita melakukan pemusnahan sebanyak 300 knalpot dari kendaraan roda 4 juga roda 2. Hal ini kita lakukan tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat serta bentuk transparansi kami,” terang Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono.

Kapolres mengaku, bentuk transparansi atas penegakan hukum pelanggaran lalu lintas di jalan dibuktikan dengan adanya pemusnahan 300 knalpot pada hari ini. Ia menyebut, hal tersebut merupakan penindakan serta arahan dari pusat dan diterapkan di Bumi Batiwakkal.

“Jadi semua itu penegakan serta arahan dari pusat, kami menjabarkan di Polres Berau,” ungkap perwira berpangkat melati dua di pundaknya tersebut.

Dirinya menekankan kepada masyarakat untuk dapat mentaati aturan yang berlaku. Kedepan, agar tidak ada lagi masyarakat yang masih bermain balap liar serta memodifikasi kendaraan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Jangan ada lagi yang balap liar, esuaikan dengan ketentuan yang ada terkait spek kendaraan yang ada. Jangan ada lagi yang mengubah tidak sesuai dengan ketentuan aslinya,” tegas Anggoro.

Ia mengaku, kedepan akan rutin melaksanakan razia kendaraan terkait knalpot racing dan menindak pelaku balap liar di jalan umum. Tidak hanya bertindak setelah terjadi, Polres Berau juga akan melakukan sosialisasi untuk mencegah para pemilik kendaraan menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan ketentuan aslinya.

“Ini akan rutin kita laksanakan bersama rekan-rekan dari Satlantas serta Satsabhara. Agar Berau semakin tertib,” ujarnya.

“Akan kita lakukan juga sosialisasi kepada masyarakat. Kita disini memiliki fungsi Binmas,” tandasnya.

Penulis : Seno
Editor : Fairuz