Hari Jadi Kota Tanjung Selor Dan Kabupaten Bulungan, Syarwani : Mari Tingkatkan Komitmen Bersama Membangun Daerah

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan Syarwani mengatakan perjalanan sejarah panjang di Kabupaten Bulungan hingga saat ini sudah cukup banyak kemajuan dan peningkatan yang mampu diraih. Meskipun dalam menjalankan roda pemerintahan tentu ada hambatan yang masih berkutat dan berputar pada kondisi geografis serta demokrasi yang dimiliki.

Hal itu diungkapkan Syarwani saat menghadiri rapat Paripurna ke 7 masa persidangan III tahun 2021 tentang peringatan Hari jadi Kota Tanjung Selor ke-231 dan Kabupaten Bulungan ke-61, di ruang sidang Datu Adil Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulungan, pada Senin, (11/10/2021).

“Ketersediaan masalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang masih terbatas juga situasi pandemi covid-19 yang berdampak pada kehidupan. Maka itu upaya dan kebijakan pembangunan selanjutnya harus sejalan dengan upaya-upaya peningkatan SDM dan perekonomian daerah,” ujar Syarwani.

Dalam Rapat Paripurna tersebut diwarnai dengan Pembacaan risalah sejarah singkat Kota Tanjung Selor dan Kabupaten Bulungan, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bupati Bulungan Ingkong Ala, Sekretaris Daerah Bulungan Syafril, ketua DPRD Bulungan, dan Anggota DPRD Bulungan, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bulungan.

Lebih lanjut Syarwani mengemukakan, Bupati Bulungan bersama Wakil Bupati pada masa periode 2021-2024 telah menempatkan visi dan misinya dalam mewujudkan Kabupaten Bulungan yang berdaulat pangan, maju, dan sejahtera.

“Untuk mewujudkan misi itu saya bersama Wakil Bupati menuangkannya ke dalam lima misi itu yakni mewujudkan kedaulatan pangan yang berbasiskan kearifan lokal, meningkatakan kualitas SDM yang sehat, cerdas, berkarakater dan berdaya saing, memantapkan infastrusktur sebagai pendukung utama pengembangan ekonomi rakyat dan pelayanan dasar masyarakat,“ ungkap Syarwani.

“Juga memajukan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam) yang ramah lingkungan, memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik, keuangan daerah yang sehat, dan inovasi pembiayaan untuk mendorong pembangunan Bulungan,“ tambah Syarwani.

Syarwani juga menjelaskan, kebijakan tersebut tidak hanya berdasarkan pemantauan melainkan atas pertimbangan dan aspek kehidupan yang dihadapi.

“Pada lima misi itu diharapkan mampu membawa perubahan besar terhadap masyarakat, dalam hal ini mampu mewujudkan kedaulatan pangan memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat Bulungan,” beber Syarwani

Syarwani menyebutkan, program pembangunan yang saat ini dilaksanakan merupakan bagian dari kesinambungan dari program yang dijalankan oleh kepala daerah Bulungan sebelumnya.

“Para pemimipin sebelumnya yang juga telah meletakan pondasi dasar dalam pembangunan daerah Bulungan ini. Maka dari itu melalui momen peringatan hari jadi Kabupaten Bulungan dan Tanjung selor ini saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bulungan dan mewakili masyarakat Bulungan mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh Kepala Daerah Kabupaten Bulungan pada periode sebelumnya, kami selalu mendoakan dengan pengorbanan yang diberikan kepada dearah ini selalu mendapatkan balasan pahala dan sebagai amal jariyah,” tutur Syarwani.

Syarwani mengatakan, melalui peringatan hari jadi ini pula dapat semakin meningkatkan komitmen bersama dalam membangun daerah di Bulungan.

“Semoga melalui peringatan hari jadi ini semakin memicu akselerasi pembangunan perekonomian masyarakat dan meningkatkan paguyuban seni budaya lokal sebagai warisan sejarah yang harus tertata dan dilestarikan,“ pungkas Syarwani.

Penulis : Tim
Editor : Fairuz