Matikan CCTV untuk Melancarkan Aksinya, Tiga Pelaku Pencurian BBM Diringkus Polisi

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Polres Berau menangkap tiga pelaku pencurian bahan bakar minyak (BBM) di Jober Pertamina Berau di Kampung Samburakat, Gunung Tabur, pada Kamis (14/10/2021) dini hari.

Kapolres Berau, AKBP Anggoro Wicaksono mengatakan tiga pelaku tersebut adalah JL(41), MRD (46) dan SYH(44). Satu dari tiga pelaku yang diringkus adalah satpam Jober, sedangkan dua lainnya adalah karyawan di lokasi tersebut.

“Dalam operasi tersebut kami berhasil mengamankan 3 pelaku, 1 security dan 2 lainnya karyawan. Ketiganya sama-sama berperan sebagai pelaku pencurian,” ungkap Kapolres, pada Jumat (15/10/2021) siang.

Ia menuturkan, pada Rabu (13/10/2021) sekitar pukul 22.20 wita, didapat laporan warga setempat tentang adanya tindakan pencurian. Unit Opsnal Reskrim yang dipimpin oleh Kanit IV Ipda Wighra kemudian melakukan penyelidikan atas laporan tersebut, hingga ditemukan ketiga pelaku di sekitar lokasi kejadian pada hari Kamis (14/10/2021) pukul 3.30 dini hari.

“Setelah pelaku didapat, ketiganya serta seluruh barang bukti dibawa ke Polres Berau untuk ditindaklanjuti,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, modus yang digunakan oleh ketiga pelaku adalah dengan mematikan kamera pengawas agar aksi tak terekam. Nahas, meski berusaha menutupi, aksi ketiga pelaku dapat diketahui.

“Modusnya, mereka mematikan CCTV, kemudian membuka baut dari pipa saluran BBM dari kapal ke Jober dan di masukan ke dalam jerigen,” ujar Anggoro.

Perwira dengan melati dua di pundak itu mengatakan, para pelaku mengaku sudah beraksi sejak pertengahan bulan Juni 2021. Dikatakannya, kepolisian saat ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus pencurian BBM di Jober Kampung Samburakat.

“Semua yang terlibat akan kita proses,” tandasnya.

Atas aksi pencurian tersebut, ketiga pelaku disangkakan dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman penjara paling lama 7 Tahun.

Penulis : Seno
Editor : Fairuz