Disnakertrans Kerjasama dengan BLKI Gelar Pelatihan Untuk Warga Kutim

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, SANGATTA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Balai Kerja Latihan Industri (BLKI), secara berkesinambungan menggelar pelatihan untuk mencetak mekanik alat berat yang handal. Terkini, BLKI kembali membuka pendaftaran pelatihan untuk mekanik alat berat.

“Pendaftaran telah dibuka sejak 21-26 Oktober 2021. Pelatihan tersebut merupakan kerjasama Disnakertrans Kutim dengan PT ATP (Auto Tekni Perkasa),” jelas Kadisnakertrans Kutim Sudirman Latief, Selasa (26/10/2021).

Sudirman Latif setelah resmi menjabat sebagai Kadis menjelaskan bahwa pelatihan itu akan dilaksanakan dengan tiga kelas berbeda. Yakni operator alat berat, las listrik dan mekanik alat ringan. Kemudian, ada pula tambahan dari PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang membuka kelas mekanik alat berat.

Pendaftaran yang dibuka, terang Sudirman, untuk umum usia 18-25 tahun dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun apabila ada yang lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pihaknya juga tetap akan mengupayakan agar bisa ikut. Saat ini sudah ada sekitar 250 orang yang mendaftar di BLKI.

“Minggu depan akan mulai diseleksi. Sebab dalam 1 kelas hanya 16 orang. Sesuai dengan jumlah alat masih terbatas,” tambahnya.

Mereka yang sudah mendaftar akan masuk data base BLKI Kutim. Kemudian akan dilatih secara bertahap, pada anggaran tahun berikutnya. Tetapi bagi pendaftar yang belum lolos seleksi akan dijadikan cadangan sebagai peserta pelatihan selanjutnya.

Menurut Dirman, sapaan karib Sudirman Latief, tahun depan pihaknya akan menambah pelatihan kelas menjahit dan tata boga. Kegiatan ini menjadi upaya Pemkab Kutim membekali masyarakat Kutim usia produktif, terutama mereka yang belum memiliki keterampilan agar bisa terampil. Sehingga memiliki keterampilan khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan atau dunia ketenagakerjaan. Tentunya dengan melibatkan pihak ketiga dalam setiap penyelenggaraan pelatihan. (Adv)

Penulis : Tim
Editor : Fairuz