Kredit Tanpa Bunga Diluncurkan, Sasar Pedagang Pasar dan Pelaku UMKM

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Pemerintah Daerah (Pemda) Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya merealisasikan rencananya, dalam menghadirkan kredit tanpa bunga, kredit anti rentenir untuk pelaku UMKM dan pedagang pasar yang ada di Kukar.

Kredit yang dinamakan Kredit Kukar Idaman (KKI) yang diluncurkan oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, belum lama ini. Tidak hanya memberikan pinjaman tanpa bunga saja, namun juga turut memberikan edukasi ke masyarakat untuk rajin menabung sembari menyiapkan angsuran.

“Saya berharap dalam implementasi KKI ini kita mencoba untuk menyesuaikan dengan situasi kondisi, karena semangat KKI ini percepatan akses keuangan daerah salah satu diberikan pemerintah adalah bagaimana kita bersama untuk mengurangi, bahkan tidak ada lagi warga kita yang berhubungan dengan rentenir,” ungkap Edi Damansyah.

Edi Damansyah pun menjelaskan, kegiatan yang terealisasi dengan kerjasama Pemda Kukar dan DPRD Kukar. Sebagai bagian dari sinergitas kebijakan secara nasional terkait percepatan akses keuangan daerah yang diberikan tugas kepada OJK.

Dengan harapan, program inipun bisa menjadi program prioritas kedepannya. Selain itu juga bisa memberikan manfaat secara meluas bagi para pelaku UMKM yang ada di Kukar. Untuk selanjutnya bakal menciptakan program prioritas lainnya, yakni Usaha Kecil Idaman.

“Memberikan dukungan permodalan baik bagi pelaku usaha yang sudah berjalan maupun bagi yang baru memulai usaha dengan bunga 0 persen,” tutup Edi. (Adv)

Penulis : Muhammad

Editor : Fairuz