Pagelaran Tari Nusantara di Kutim Berakhir

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, SANGATTA – Pagelaran Seni Tari Nusantara di Folder Ilham Maulana, Sangatta yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-22 Kutim ini resmi ditutup oleh Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, pada Minggu (31/10/2021).

Pagelaran yang digelar sejak 29 Oktober itu pun berakhir pada 31 Oktober 2021. Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi. Kasmidi merasa kegiatan seperti ini perlu dijadikan agenda tahunan.

“Terima kasih kepada semua yang terlibat dalam acara ini, Insya Allah kegiatan ini akan selalu kita laksanakan, di setiap hari jadi Kutai Timur,” kata Kasmidi.

Kasmidi yang hadir dengan baju lengan panjang itupun berharap melalui kegiatan seperti ini, mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk Kabupaten Kutim.

Sehubungan hal tersebut, Kasmidi meminta kepada kelompok sanggar tari di Kutim untuk bersiap. Sebab dilihat dari segi ekonomi, pelestarian seni budaya juga dapat meningkatkan nilai tambah pendapatan masyarakat.

Penutupan acara turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kutim Asti Mazar serta beberapa Kepala OPD. Penampilan penyanyi kontestan ajang pencarian bakat nasional Selvi asal Sulawesi Selatan, menjadi suguhan pamungkas di acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Nasrullah menjelaskan Pagelaran Tari Nusantara ini menampilkan kesenian dari 22 daerah yang ada di Indonesia.

“Sebenarnya banyak sanggar tari yang ingin ikut terlibat, tetapi karena masih pandemi (COVID-19) jadi dari pihak panitia kita batasi. (Kegiatan) Hanya bisa berlangsung sampai jam 9 malam setiap harinya,” jelas Nurullah.

Pagelaran Seni Tari Nusantara kali ini memang mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk masyarakat. Andi salah seorang pengunjung yang datang bersama keluarganya merasa terhibur dengan adanya acara pagelaran ini. Pentas kesenian seperti ini memang sudah lama dirindukan masyarakat Sangatta.

“Selama pandemi ini kan nggak boleh ada acara. Dengan adanya acara (pagelaran tari) semacam ini, sedikit mengobati. Apalagi kita bisa melihat beragam tarian dari berbagai daerah, sekaligus untuk edukasi buat anak,” ujarnya sambil tersenyum. (Adv)

Penulis : Tim
Editor : Fairuz