Dispora Kukar Siap Dukung Even UMKM Gelaran KNPI Kukar

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Pasca pandemi Covid-19 di Kutai Kartanegara (Kukar) yang mulai mereda, kini sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mulai bergeliat. Berupaya dapat bangkit kembali, setelah merangkak dalam beberapa bulan belakangan.

Untuk itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kukar mencoba mengambil momentum tersebut. Dengan menggelar even UMKM serupa Bazaar. Selain itu, juga ada kegiatan lainnya. Salah satunya menyiapkan gerai vaksinasi.

Eko Wulandanu, Ketua KNPI Kukar menjelaskan jika kegiatan yang dirangkai dalam even Pakem Expo. Dengan tema Pemuda Bangkit Ekonomi Kreatif Pulih, yang digelar di halaman Gedung Putri Karang Melenu (PKM), pada tanggal 5-14 November 2021.

“Menjadi momentum untuk menghidupkan kembali UMKM dan PKL di Kukar,” kata Eko, Rabu (3/11/2021).

Dalam pelaksanaannya, Eko mengatakan bakal diterapkan protokol kesehatan secara ketat dan menyeluruh. Mulai dari pengunjung, pelaku UMKM hingga talent yang mengisi kegiatan selama 10 hari tersebut. Seperti ditanyakan terkait sudah atau belumnya pengunjung divaksin.

Disisi lain, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar, Fida Hurasani, menjelaskan pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini. Sebagai upaya membangkitkan kembali ekonomi di Kukar.

Dukungan dalam bentuk pengamanan hingga memastikan proses pelaksanaan kegiatan even tersebut, berjalan sesuai Prokes ketat. Seperti yang diatur dalam edaran Kemendagri RI yang diturunkan melalui edaran dari kepala daerah. Dalam hal ini Bupati Kukar.

“Tanggung jawab moril kita untuk mengembalikan gairah UMKM pelan-pelan. Tentu kita dukung, bahkan siap mendampingi,” tutup Fida. (Adv)

Penulis : Muhammad

Editor : Fairuz