Terhenti Sejak 2019, Lomba Bertutur Tingkat SD Kembali Digelar

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Sebanyak tujuh sekolah dasar di Berau mengirim perwakilan untuk mengikuti Lomba Bertutur atau Bercerita tingkat sekolah dasar di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, pada Rabu (10/11/2021). 

Ali Sadikin Atma, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau menyebut, lomba tersebut kembali digelar usai mati suri sejak 2019 silam. Meski peserta tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, Ali Sadikin mengapresiasi partisipasi seluruh peserta lomba. 

“Sudah vakum sejak 2019, kali ini hanya 7 sekolah yang mengikuti kegiatan ini,” ujarnya, pada Rabu (10/11/2021). 

Dirinya mengaku, pada tahun-tahun sebelumnya setidaknya bisa mencapai 20 murid dari 20 sekolah. Hal tersebut menurutmu wajar, ditengah situasi COVID-19 yang melandai ini merupakan hal positif. 

Ali juga menjelaskan, biasanya pemenang pada Lomba Bertutur ini akan diikutkan pada ajang serupa dengan tingkat Provinsi. Hal ini menurutnya, jika memang Provinsi Kaltim mengadakan, bukan tidak mungkin para juara akan dikirim sebagai perwakilan Berau. 

“Biasanya ada, tapi kami masih menunggu info. Jika di Provinsi mengadakan, maka pemenang akan kita kirim sebagai perwakilan,” lanjutnya. 

Perlombaan kali ini juga dinilai oleh tiga juri yang kesehariannya sudah tak asing dengan dunia literasi. Ali juga menyatakan pemenang nanti akan mendapatkan piagam serta uang pembinaan. 

Terakhir, dirinya berharap dengan adanya lomba Bertutur/Bercerita ini mampu menaikan minat baca sejak dini. Selain itu, dirinya juga berharap, Provinsi juga akan melakukan lomba serupa untuk tingkat Provinsi. 

“Saya harap ada, Inshaallah hasil ini akan kita ikutkan jika Provinsi menggelar lomba tersebut,” tandasnya. 

Penulis : Seno

Editor : Fairuz