Kemenkumham Kanwil Kaltim Gelar Asistensi Bagi Humas PAS se-Kaltimtara

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, SAMARINDA – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham RI melalui Bagian Humas dan Protokol menyelenggarakan kegiatan Asistensi Pelaksanaan Standar Pengolahan dan Publikasi Berita Pemasyarakatan bagi petugas UPT PAS jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur.

Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk menyatukan persepsi, berbagi pengetahuan kehumasan dan audiensi dalam rangka menemukan solusi atas kendala yang dihadapi Humas Pemasyarakatan sehingga citra positif Kemenkumham khususnya Pemasyarakatan dapat terjaga.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Sofyan didampingi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, sementara peserta merupakan Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimtara) serta Tim Humas UPT Pemasyarakatan.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti, dalam mengawali sambutannya menyampaikan bahwa Pemasyarakatan adalah isu yang seksi, artinya selalu menarik perhatian publik baik pemberitaan positif maupun negatif.

“Pemasyarakatan adalah isu yang seksi, artinya selalu menarik dan mencuri perhatian publik, baik pemberitaan positif maupun negatif, namun belakangan ini Pemasyarakatan diterpa isu negatif, disinilah peran pimpinan dan humas sangat penting, khususnya dalam menciptakan opini positif terhadap kinerja organisasi, UPT PAS harus berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, artinya Ketika salah satu dari UPT PAS diterpa berita negatif, maka peran UPT PAS lain haruslah menjadi penyeimbang, yaitu dengan menyebarkan berita positif tentang Pemasyarakatan”, ucapnya.

Sambutan Kakanwil sekaligus membuka secara resmi kegiatan asistensi menyampaikan rasa terimakasih kepada Sesditjen PAS atas kegiatan yang dilaksanakan dan berharap kegiatan ini bermanfaat bagi kehumasan Pemasyarakatan dalam rangka membangun citra positif.

“Humas harus memiliki kemampuan menjual prestasi yang telah kita capai dan berita positif untuk menciptakan trust masyarakat. Namun hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah karena harus ditunjang anggaran dan kapasitas SDM yang memadai. Untuk itu Saya berterimakasih kepada Sesditjen PAS atas atensinya kepada kami dengan penyelenggaraan kegiatan ini, semoga memberikan manfaat positif kedepannya,” ungkapnya.

“Saya berpesan kepada Kepala UPT dan unsur kehumasan agar selalu menyebarkan berita positif untuk menyeimbangkan isu negatif yang menerpa instansi kita, bangun relasi dan komunikasi yang baik dengan media. Rekrut teman- teman media, adakan pertemuan rutin antara pimpinan dengan media, sehingga terjalin hubungan dan sinergitas yang baik antara kita dan media,” tuturnya.

Akhir sambutan, Kakanwil meminta untuk menata kembali pemberitaan yang baik, peran kehumasan patut didorong dalam percepatan informasi terhadap kebutuhan informasi masyarakat, maka dengan sendirinya akan membentuk kepercayaan masyarakat menuju citra positif Kemenkumham khususnya Pemasyarakatan.

“Tata kembali pemberitaan kita yang baik, Ka. UPT dan Humas agar cepat dalam penyampaian informasi, terutama untuk counter pemberitaan negatif dengan pemberitaan positif, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Kemenkumham masih terjaga. Di Kanwil Kaltimtara ini ada WA Grup Pemasyarakatan dan Imigrasi sebagai wadah penyampaian berita UPT. Berita harus disampaikan secara berkesinambungan, karena akan kita rekap dan disampaikan ke Pak Sekjen,” pungkasnya.

Usai pembukaan, kegiatan memasuki materi dengan topik menjadi humas pemasyarakatan yang handal, menghadapi krisis komunikasi Pemasyarakatan serta penulisan berita, siaran pers, dan produksi konten yang disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti beserta Tim.

Pada kesempatan ini Kepala Rutan Tanjung Redeb, Puang Dirham turut memberikan ucapan untuk memotivasi humas di Rutan Tanjung Redeb agar dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat kepada masyarakat.

“Humas harus bisa memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat kepada masyarakat. Dalam hal ini kita (Rutan Tanjung Redeb) harus bisa memberikan pelayanan publik yang terbaik guna tujuan pemasyarakatan dan kemenkumham dalam menuju ZONA Integritas,” pungkas Kepala Rutan Tanjung Redeb, Puang Dirham.

Penulis : Seno
Editor : Fairuz