28 Tahun Menunggu, Listrik di Batu Putih Kini 24 Jam

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Tiga kampung di Kecamatan Batu Putih akhirnya menikmati listrik secara penuh 24 jam setelah 28 tahun menunggu. Masuknya listrik ini diresmikan secara langsung oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas didampingi Wakil Bupati, Gamalis, Manager PLN UP3 Berau, Eko Hadi Pranoto, Sekkab Berau, M Gazali, Minggu (11/4/2021) di Kampung Sumber Agung. Yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penekanan tombol sirine. Serta dilanjutkan pengaktifan meteran listrik di salah satu rumah warga

Ketiga kampung yang telah menikmati aliran listrik ini yaitu Sumber Agung dengan 216 pelanggan, Tembudan 55 pelanggan dan Kayu Indah 86 pelanggan. Aliran listrik ini bersumber dari PLTD Talisayan dan PLTD Batu Putih dengan kapasitas masing-masing 1 mW. Di tahun 2021 ini juga direncanakan aliran listrik akan masuk ke Kampung Ampen Medang. Jika hal itu terealisasi maka seluruh kampung di Batu Putih sudah teraliri listrik secara penuh.

Kepala Kampung Sumber Agung, Edi Santoso menyampaikan terima kasih atas pemenuhan aliran listrik ini. Karena warga sudah cukup lama menunggu masuknya listrik secara penuh ke sana.

“Kami menunggu 28 tahun. Dan setiap Musrenbang selalu disampaikan. Syukurlah hari ini telah bisa kami nikmati,” ucapnya.

Bupati Sri Juniarsih menyampaikan pemerintah kabupaten akan berupaya maksimal dalam memenuhi kebutuhan dasar ini, mulai dari listrik, air minum dan jalan.

“Saat ini sudah masuk listrik tinggal kebutuhan lainnya yang akan diupayakan,” imbuhnya.

Masuknya listrik ke sana diharapkan bisa memberikan perubahan besar bagi masyarakat terutama dalam hal peningkatan ekonomi. Karena menurutnya banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan adanya listrik.

“Industri kreatif bisa berjalan. Usaha lainnya juga bakal berkembang. Ini tentunya memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tegasnya.

Penulis: TIM