Sufian Agus Perkuat Seruan Netralitas ASN dan Tindakan Tegas Jelang Pilkada Berau 2024

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Pjs. Bupati Berau, Sufian Agus mengedepankan pentingnya menjaga netralitas dan keadilan di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini ia tekankan dalam rangkaian kunjungannya ke lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh perangkat daerah menjalankan tugas mereka tanpa keberpihakan dalam proses pemilu mendatang.

“Saya menghimbau seluruh OPD agar menjaga netralitas dan menghindari segala bentuk keberpihakan selama masa pemilu,” tegasnya.

Dirinya mengakui bahwa anggota ASN memiliki hak untuk menggunakan hak pilihnya, tetapi memperingatkan mereka agar tidak mengumumkan afiliasi politik mereka di depan umum.

“ASN memiliki hak politik, namun mereka harus menjaga kerahasiaan pilihan mereka dengan memberikan suara secara tertutup di bilik suara. Ini adalah bagian dari tanggung jawab profesional mereka sebagai pelayan publik,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, dirinya berencana menerbitkan Surat Edaran (SE) untuk menegaskan kembali netralitas dan keadilan ASN di Kabupaten Berau yang akan ditujukan kepada seluruh OPD, kecamatan, dan kampung.

“Nantinya kita akan menerbitkan surat edaran yang nantinya akan disampaikan kepada semua pejabat, mulai dari OPD hingga ke tingkat kepala kampung,” jelasnya.

Terkait pengamanan pemilu, Sufian Agus menegaskan tugas tersebut akan diserahkan kepada aparat berwenang. Menurutnya, pengamanan distribusi logistik, terutama di Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan menjadi prioritas untuk memastikan kelancaran dan keamanan pemilu.

“Pengangkutan dan pengamanan logistik di TPS merupakan aspek krusial yang memerlukan perhatian ekstra, khususnya karena tantangan geografis dan cuaca di Berau,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan bahwa ASN tidak diperkenankan mengikuti kampanye atau kegiatan politik dari calon manapun, sesuai dengan peraturan yang ada.

“ASN dilarang terlibat dalam kegiatan kampanye. Jika ingin mengetahui visi dan misi para calon, cukup ikuti debat publik atau informasi yang disampaikan melalui saluran resmi,” terangnya.

Dengan berbagai langkah tersebut, Pjs Bupati Berau berharap Pilkada 2024 akan berjalan dengan tertib, aman, dan damai. Ia pun mengajak seluruh masyarakat, terutama ASN, untuk berpartisipasi dalam menjaga kondusivitas dan keberlangsungan proses demokrasi di Kabupaten Berau.

“Mari kita bersama-sama memastikan Pilkada ini berjalan sukses, damai, dan berintegritas,” pungkasnya.

Penulis : Dewi