Kampung Kayu Indah Raih Peringkat III Desa Teladan Nasional 2024

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

 

KALTIMTARA.ID, DENPASAR – Pemerintah Kabupaten Berau terus mendorong percepatan pembangunan hingga peningkatan kapasitas bagi pemerintah dan perangkat kampung di 13 kecamatan. Hasilnya setiap kampung kampung di Bumi Batiwakkal berhasil meriah prestasi terbaiknya hingga ditingkat nasional.

Kali ini prestasi diraih Kampung Kayu Indah Kecamatan Batu Putih, yang berhasil mencapai peringkat III Nasional Desa Teladan dari Regional III Lomba Desa Teladan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Tahun 2024. Penghargaan diterima langsung Kepala Kampung Kayu Indah, Parwanto didampingi Kepal Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Berau, Tentram Rahayu, pada rangkaian Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Kepada Desa dan kelurahan Berprestasi Tahun 2024, yang dibuka secara resmi Oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di Gedung Kasirarnawa Komplek Art Center Denpasar Bali, Selasa (8/10/2024).

Lomba Desa Teladan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (KPAD) tahun 2024 merupakan kali pertama dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa. Tujuan lomba desa Teladan PKAD adalah mengevaluasi Dan menilai peningkatan kinerja kepada kepala desa dalam kurun waktu satu tahun sekaligus memberikan penghargaan atas prestasi yang diraih.

Kepala DPMK Berau, Tenteram Rahayu, saat dihubungi mengaku bersyukur baru pertama kali digelar pemerintah pusat, kampung dari Kabupaten Berau bisa masuk sebagai juara di lomba desa teladan dan mampu bersaing dengan desa lain se Indonesia. “Alhamdulillah tahun ini kamoung dari Berau kembali meraih juara ditingkat nasional,” ungkapnya.

Sementara itu Pjs Bupati Berau, Sufian Agus, atas nama pemerintah dan masyarakat Bumi Batiwakkal, mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kampung Kayu Indah. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan Berau, terapi juga seluruh masyarakat Kalimantan Timur. Kepala Kesbangpol Kaltim ini berharap, prestasi Kayu Indah dapat terus ditingkatkan dan juga dapat diikuti kamping lainnya di Kabupaten Berau. “Selamat kepada Kampung Kayu Indah, penghargaan ini menjadi kebanggaan kita semua,” tandasnya.

Penulis : Dewi / Prokopim