Bupati Berau Raih Penghargaan Primaniyarta 2024

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Berau kembali mencatatkan prestasi terbaik di tingkat nasional. Bupati Berau menerima penghargaan Primaniyarta 2024 sebagai kepala daerah pendukung ekspor. Penghargaan diserahkan langsung Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, kepada Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Berau, Sufian Agus, dalam acara pembukaan ke-39 Trade Expo Indonesia di Nusantara Hall ICE BSD Tangerang, yang dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Rabu (9/10/2024).

Bupati Berau menjadi satu-satunya kepala daerah di Kalimantan sebagai penerima penghargaan. Selain Bupati Berau dari Kalimantan Timur. Penghargaan Primaniyarta juga diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta, Bupati Banyuwangi, Jawa Timur dan Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Penghargaan Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor dan dapat menjadi teladan bagi eksportir lainnya. Serta kepada kepala daerah pendukung ekspor. Penghargaan ini diberikan pemerintah melalui Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dalam Berbagainya mengatakan pemberian penghargaan diberikan sebagai bentuk penghargaan dan motivasi kepada pelaku ekspor. Diajang Trade Expo ini diberikan penghargaan Primaniyarta kepada eksportir terbaik dan kepada kepala daerah yang terus meningkatkan nilai ekspornya. Selain itu juga diberikan penghargaan primaduta kepada pembeli yang setia telah menjadi mitra ekspor Indonesia secara berkelanjutan.

Pjs Bupati Berau, Sufian Agus, usai menerima penghargaan, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan yang telah memberikan penghargaan sebagai semangat dapat berupaya untuk terus meningkatkan ekspor. Sufian juga memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Berau dan seluruh pihak yang telah berkolaborasi menunjukkan kinerja terbaik sehingga penghargaan ini bisa diraih. “Kedepannya kita meningkatkan terus eksportir dari Berau yang lebih banyak lagi,” ucapnya.

Kepala Diskoprindag Berau, Eva Yunita, yang turut hadir mendampingi penerimaan penghargaan, mengatakan tren komoditi ekspor dari Bumi Batiwakkal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terus menunjukkan angka yang meningkat. Tidak hanya komoditi sumber daya alam seperti minerba dan cpo, tetapi juga beberapa produk unggulan daerah, seperti hasil perikanan dan perkebunan yang telah merambah ke beberapa negara.

Selain itu dijelaskan Eva, Pemkab Berau melalui Diskoperindag juga telah melaksanakan berbagai program dalam mendukung peningkatan ekspor. Seperti sosialisasi terkait regulasi ekspor. Peningkatan kapasitas ekspor, hingga pendampingan kepada pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas produk hingga mampu meningkatkan ekspor. “Tren peningkatan ekspor dan beberapa program daerah mendukung ekspor menjadi penilaian dalam penghargaan ini,” tandasnya. ( Prokopim )