Gubernur Kaltim Segera Lantik Walikota Balikpapan

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, SAMARINDA – Gubernur Kaltim Isran Noor menjadwalkan melantik dan mengambil sumpah Rahmad Mas’ud sebagai Walikota Balikpapan hasil Pilkada Tahun 2020, Senin (31/5/2021) pukul 14.00 Wita. Pelantikan orang nomor satu di Pemkot Balikpapan itu, setelah Gubernur menerima surat Mendagri tentang Pelantikan Walikota Balikpapan.

“Berdasarkan surat Mendagri tertanggal 25 Mei 2021 yang barusan diterima, Gubernur Kaltim langsung minta dipersiapkan pelantikan Walikota Balikpapan pada Senin 31 Mei 2021 mendatang, hal itu bertepatan dengan telah berakhirnya masa jabatan Rizal Effendi pada 30 Mei 2021,” terang Kepala Biro Humas Setda Kaltim, M Syafranuddin, Kamis (27/5/2021).

Lebih lanjut dijelaskan, prosesi pelantikan Walikota Balikpapan merupakan tahap terakhir pelantikan kepala daerah di Kaltim hasil Pilkada 2020. M Syafranuddin juga menyebutkan, pelantikan Rahmad Mas’ud dilaksanakan di Gedung Odah Etam Samarinda.

“Prosesinya sama dengan pelantikan kepala daerah lainnya,” bebernya.

M Syafranuddin juga mengungkapkan, terkait kabar pelantikan dilaksanakan bulan Juni atau Juli, diakui wacana tersebut disampaikan Kemendagri sebelum pelantikan tahap pertama.

“Gubernur Kaltim pada prinsipnya siap melantik Walikota Balikpapan, sepanjang ada intruksi Mendagri dan instruksi itu telah diterima sehingga langsung dilakukan persiapan. Hal itu sesuai instruksi Mendagri tertuang dalam surat Nomor 131.64/3427/Otda yang ditanda-tangani Dirjen Otonomi Daerah, Akmal Malik. Berdasarkan Surat Mendagri tertanggal 25 Mei 2021 ini, otomotis tidak ada pelaksana harian (Plh) Walikota Balikpapan. Pemprov akan melaksanakan gladi pada Minggu 30 Mei 2021 nanti,” jelas M Syafranuddin.

Penulis: Tim

Editor: Fairuz