Residivis Curanmor Kembali Tertangkap Dengan Kasus Serupa

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Polres Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku berhasil diamankan pada Rabu (7/7/2021) lalu, sehari setelah kedua pelaku melakukan aksinya di RT 4 Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong.

Keduanya adalah NF (34) dan RA (41). Residivis kasus pencurian di beberapa tempat di Kukar. Salah satu diantaranya adalah residivis kasus yang sama, dan sudah tiga kali keluar masuk ruang tahanan polisi.

Kapolres Kukar AKBP, Arwin Amrih Wientama, menjelaskan awalnya mendapat laporan kehilangan dari masyarakat. Langsung saja, Tim Alligator bergerak untuk mencari para pelaku, dengan mengumpulkan beberapa keterangan dari korban. Benar saja, pelaku NF berhasil diamankan di kediamannya pada Rabu (7/7/2021) tanpa perlawanan. Selanjutnya pelaku RA juga diamankan oleh Tim Alligator Polres Kukar.

“Benar keduanya residivis,” jelas Arwin, Kamis (15/7/2021).

Dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku saling berbagi tugas. RA yang merusak dan berusaha membawa kabur motor incaran. Sedangkan NF bertugas mengamati kondisi di lokasi pencurian. RA tidak segan-segan merusak kunci kontak milik korban, dengan menggunakan kunci T.

Total sudah sebanyak tujuh kali kedua pelaku ini menjalankan aksinya. Sejak awal 2021, namun baru tertangkap pada awal Juli 2021 lalu, setelah salah satu korban melaporkannya kepada pihak kepolisian.

Motor hasil curian pun dijual dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Sesuai kondisi motor yang dijual pelaku. Total sebanyak 8 unit yang sudah berhasil dijual pelaku, dan hasilnya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kedua pelaku pun saat ini tengah mendekam di Mapolres Kukar, untuk menjalani pemeriksaan dan proses hukum selanjutnya. Keduanya diancam dengan Pasal 363 Ayat 1 ke-4E dan ke-5E, Jo Pasal 362 KUHP. Dengan ancaman kurungan 7 tahun penjara.

Penulis : Muhammad

Editor : Fairuz