Dukung Produk Lokal, Dekranasda Berau ikutkan Lomba dan Menjadi Seragam Pegawai

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Guna mendukung program Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) terutama di Kabupaten Berau, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau terus memberikan motivasi dan dorongan kepada para pengrajin serta produsen berbagai macam kerajinan daerah yang ada.

Hal itu di ungkapan langsung oleh Ketua Dekranesda Berau, Sri Aslinda Gamalis seusai menghadiri acara Soft Launching Gernas BBI di Diskominfo Berau, pada Rabu (1/9/2021).

“Kita terus bantu support UMKM serta IKM untuk terus memproduksi, kita fasilitasi jalan guna memasarkan hasilnya,” terang Sri Aslinda.

Sri Aslinda juga mengaku, telah mengikutsertakan hasil kerajinan ke beberapa gelaran bergengsi daerah. Salah satunya ajang pameran di Kota Samarinda mendatang, yaitu memamekan hasil kerajinan dari para pengusaha di Kabupaten Berau.

“Kita selalu memberikan motivasi dan dorongan, agar para pengrajin untuk terus selalu kreatif serta berinovasi dalam pembuatan karyanya,” bebernya.

Menurut Sri Aslinda, jika tidak ada perhatian lebih kepada para pengusaha ditenga pandemi Covid-19 yang belum mereda ini akan menyebabkan mereka bisa saja menurunkan produksi hingga gulung tikar.

Selain itu, kedepan juga akan ada pelatihan pada umumnya yang menyasar para pemuda untuk pembuatan desain batik serta kesenian lainnya.

“Itu juga salah satu hal untuk menumbuhkan rasa cinta kepada produk lokal buatan Indonesia,” paparnya.

Sri Aslinda juga mengemukakan, Dekranasda saat ini banyak memiliki rencana untuk memamerkan serta memperkenalkan budaya dan hasil kerajinan dari para pengrajin di Bumi Batiwakkal. Namun terkendala dengan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Salah satu langkah yang akan segera diterapkan adalah, adanya Peraturan Gubernur yang mewajibkan penggunaan seragam batik bagi pegawai ASN, BUMN, BUMD serta seragam Sekolah.

“Terutama nanti batik yang digunakan motif asli dari Berau, kita memberikan seluas-luasnya kepada para pengrajin untuk berkarya,” pungkasnya.

Penulis : Seno
Editor : Fairuz