Masuk Polres Berau Kini Pakai PeduliLindungi

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Polres Berau mulai menerapkan scan barcode aplikasi PeduliLindungi, sejak Selasa (5/10/2021).

Check in PeduliLindungi ini wajib diterapkan kepada personel Polres Berau maupun personel dari satuan lain yang masuk Polres Berau.

Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono menuturkan, aturan ini sudah diterapkan untuk mako polres dan polda di seluruh Indonesia.

“Barcode check in dan check out sudah disiapkan di penjagaan, pelayanan dan lobi utama mako polres,” ungkapnya, Rabu (6/10/2021).

Sementara itu, untuk masyarakat saat ini juga mulai diterapkan untuk scan aplikasi PeduliLindungi ketika memasuki mako Polres. Namun, masih berupa edukasi.

“Kita masih melakukan tahap edukasi, ketika nanti sudah diterapkan (untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi), maka setiap yang mau masuk ke Polres Berau harus scan barcode dulu,” jelasnya.

Pihaknya juga menyiapkan petugas dari Provos untuk memastikan semua anggota yang masuk melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

“Ada provos yang melakukan pengecekan. Anggota datang, scan barcode baru bisa masuk. Kalau ada polisi dari luar Polres Berau misalnya untuk urusan kerja sama penyelidikan, tetap wajib barcode juga,” ujarnya,

Dikatakannya, check in PeduliLindungi sudah menjadi aturan tetap yang dikeluarkan dalam bentuk perintah dari Mabes Polri.

Semua personel juga sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Melalui aplikasi tersebut, pihaknya bisa memastikan personel yang masuk ke dalam mako polres sudah mendapatkan vaksin atau belum.

“Sehingga, bagi yang belum divaksin, bisa dilakukan pendataan,” ujarnya.

Pihaknya memastikan sudah mengutamakan perlindungan diri melalui vaksin, selain protokol kesehatan (prokes) yang ketat untuk bisa menjaga masyarakat umum dari penyebaran COVID-19. Di mana, menggunakan aplikasi PeduliLindungi bisa mempermudah testing, tracing dan treatment untuk mencegah ada yang terpapar COVID-19.

“Semoga dengan adanya penerapan ini, dapat membantu mencegah penyebaran COVID-19,” pungkasnya.

Penulis : Tim

Editor : Fairuz