Pekan SKD Usai, 2 Peserta Tes SKD CASN 2021 Ikut Ujian Susulan

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaksanakan di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau berakhir Kamis (7/10/2021) sore.

Dengan dilaksanakan tes terakhir pukul 17.30 Wita, menandakan pelaksanaan yang berjalan selama 10 Hari sejak 28 September lalu selesai.

Ketua tim Koordinator SKD BKN Kanreg VIII Titik Lokasi Mandiri Kabupaten Berau, Ari Wibawa, menyerahkan berkas hasil seleksi yang berlangsung 10 Hari tersebut kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Berau, Muhammad Ghazali sore itu.

Berdasarkan data yang disampaikan Kepala BKPP Berau Muhammad Said, mengatakan dari total 1970 peserta yang berhasil mencapai tahap seleksi SKD, didapat hanya 1743 peserta saja yang menghadiri SKD hingga hari kesepuluh. Jumlah tersebut sudah termasuk 5 peserta yang dinyatakan positif COVID-19. Dua diantaranya karena keadaannya tidak memungkinkan akan dilakukan penjadwalan ulang tes.

“Yang terkonfirmasi COVID-19 ada 5 orang, tapi mengikuti ujian hanya 3 orang saja. Sedangkan 2 orang sisanya akan mengikuti ujian susulan, ” jelas Said.

Ia mengaku, ujian susulan nanti menunggu arahan dari BKN RI terkait penjadwalan ulang mendatang. Sejauh ini belum bisa dipastikan, pelaksanaan tes akan dilakukan di Bumi Batiwakkal atau di ketiga tempat UPT BKN yang berada di Tarakan, Balikpapan dan Banjarmasin.

“Setelah SKD ini nantinya akan diambil peringkat 3 besar dari masing-masing 290 formasi yang ada. Merekalah yang akan mengikuti ujian selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kemudian ada rekonsiliasi data untuk lanjut ke tes tahap selanjutnya,” lanjutnya.

Sekda Berau, M Gazali, menyatakan selama ujian berlangsung, tidak ada kendala yang terjadi. Namun pemadaman listrik yang berulang kali cukup menarik perhatian meski BKPP telah menyediakan jaringan internet alternatif serta sumber listrik lainnya untuk dijadikan cadangan.

“Harapannya, mereka yang nantinya lulus untuk lanjut ke seleksi tahap selanjutnya, bisa memberikan yang terbaik. Karena hasil tesnya pun bisa dilihat masing-masing secara live streaming, dimana nilainya juga langsung tertera. Itulah hasil kerja keras mereka tanpa intervensi dari siapapun,” tegasnya.

Sejalan dengan pendapat Sekda Berau, Ketua Tim Koordinator SKD BKN Kanreg VIIi, yang bertugas di Berau, Ari Wibawa mengaku tidak menemuk kejanggalan selma tes yang berlangsung selama 10 hari tersebut. Ia mengaku tidak menemukan peserta yang melakukan kecurangan, kesalahan serta keteledoran selama pelaksanaan berlangsung.

“Sejauh ini tidak ditemukan, tes juga berjalan lancar,” tandasnya.

Penulis : Seno
Editor : Fairuz