Tingkatkan Mutu Pelayanan Dan Kualitas Produk, Diskoperindag Berau Gelar Seminar Bagi Para Pelaku UMKM

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau menggelar seminar UMKM yang dilaksanakan di Balai Mufakat Jalan Milono Kelurahan Karang Ambun, pada Senin (19/9/2022).

Dalam sambutannya, Salim, selaku kepala Dinas Koperindag Berau mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari surat yang telah dikirim oleh pihak PT Indomarco nomor 003 tahun 2022 tanggal 1 september tahun 2022 tentang seminar UMKM di kabupaten Berau.

Salim menjelaskan, perlu kami sampaikan juga dalam satu tahun kegiatan tepatnya di tahun 2022 ini, Diskoperindag Berau telah memprogramkan 52 kali kegiatan untuk peningkatan pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Berau.

“Termasuk pembinaan koperasi, IKM serta para pengrajin yang ada di Kabupaten Berau ini,” jelasnya.

Adapun manfaat yang diharapkan dari terlaksananya kegiatan ini, yaitu untuk bagaimana nanti para pelaku usaha dapat meningkatkan mutu pelayanan dan mutu kualitas barang yang akan dijual atau diedarkan, Agar para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Berau bisa memasarkan produknya di media-media sosial yang ada, dapat memanfaatkan icomers atau penjualan secara online atau daring, dan agar dapat mengatur sistem keuangan dan akuntansi.

“Nanti saya pantau dari Instagram ataupun Facebook, ada sekitar 100 ribu pengguna aktif media sosial yang menjual produk-produk lokal dengan label Pasar Sanggam Adji Dilayas,” tuturnya.

“Semoga kedepan nya produk-produk hasil dari kabupaten Berau ini dapat di pasarkan secara luas, bila perlu sampai luar indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, yang hadir dalam acara itu, dalam sambutannya, mengucapkan, terimakasih dan apresiasi kepada Diskoperindag Berau dan PT Indomarco beserta seluruh jajarannya yang telah mensukseskan terselenggaranya acara ini, yang mana tentunya kegiatan pelatihan kewirausahaan untuk para UMKM.

“Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat yang lebih baik dan lebih luas untuk masyarakat di kabupaten Berau,” ucapnya.

Bupati mengatakan, sebagai kepala daerah, dirinya memberikan dukungan dan support kepada kegiatan pelatihan kewirausahaan yang di prakarsai oleh dinas yang bersangkutan dan PT Indomarco supaya melakukan pelatihan, pendampingan, untuk para pelaku UMKM yang ada di kabupaten Berau supaya benar-benar bisa mendalami profesinya dengan baik dalam rangka untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di Kabupaten Berau.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen dari Indomaret untuk memperbolehkan semua Produk UMKM yang ada di Kabupaten Berau, serta sebagai bentuk kami untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yang sudah mulai menggeliat,” ujarnya.

Bupati berharap, dengan adanya kewirausahaan mandiri ini masyarakat bisa lebih profesional dalam mengolah bahan produk yang diolah berupa khas dari Kabupaten Berau.

Terakhir, ia menjelaskan, kepada para pelaku UMKM, terkait pengolahan produk, makanan dan pengemasan produk itu walaupun rasanya luar biasa tetapi ketika tidak dilengkapi dengan Kemasan yang bagus pelanggan tidak akan melirik dagangan kita. Tetapi ketika yang rasanya biasa-biasa saja, namun dilengkapi dengan Packing dan kemasan yang bagus maka orang sepintas akan melihat tampilannya dan merasa harus mencoba membelinya.

“Apalagi jika packingnya bagus dan rasa olahan pangannya enak, itu akan lebih menambah pembeli yang berulang membeli produk kita. Makanya, dengan adanya dampingan dari Dinas Diskoperindag tadi supaya PIRT, label halal, BPOM dan sebagainya itu terpenuhi. Sehingga produk para pelaku UMKM itu layak dipasarkan dimana saja bahkan sampai ke luar negeri,” pungkasnya. (ADV)

Penulis : Rizal
Editor : Sofi

%d blogger menyukai ini: