Zona Merah Bertambah, Pemkab Berau Upayakan Penanganan Terbaik Untuk Masyarakat

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Perubahan penyebutan dari PPKM Darurat menjadi PPKM Level 4 tak mengubah angka dan penanganan melawan pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh kalangan saat ini.

Kasus yang terus bertambah tiap harinya menyebabkan kapasitas rumah sakit mengalami over kapasitas. Tak hanya itu, banyak tenaga kesehatan yang tumbang saat berjuang menghadapi dan menangani pasien terkonfirmasi positif Covid 19.

Dalam hal itu, Kabupaten Berau saat ini mengalami pertumbuhan kasus yang mengalami trend peningkatan, sehingga banyak wilayah yang sebelumnya zona hijau sekarang berubah menjadi merah. “Saat ini ada 7 kecamatan yang masuk Zona Merah,” ungkap Bupati Berau Sri Juniarsih, Jumat (23/7/2021).

Lebih lanjut, Sri Juniarsih menjelaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten Berau sedang mencari tambahan dosis vaksin Covid-19 bagi masyarakat di Bumi Batiwakkal, mengingat persentasenya yang masih rendah. “Persentase vaksinasi masih sangat kurang,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi menyebutkan, hal tersebut akan sulit jika masyarakat tidak mentaati serta mematuhi secara ketat protokol kesehatan. Pasalnya, angka terkonfirmasi positif Covid-19 terus melonjak. “Kita di hilir akan mencari tempat terus, keterlibatan masyarakat juga harus di gaungkan,” tegasnya.

Menghadapi permasalahan yang terjadi saat ini, Pemerintah Kabupaten Berau tengah menggodok berbagai macam kebijakan dan akan segara diterapkan kedepannya.

Tak hanya itu, beberapa kebijakan yang tengah di matangkan saat ini adalah, mengajak pihak swasta untuk ikut berbagi kepada masyarakat. Dan kemungkinan juga meminta relawan dari pusat serta penyediaan lokasi baru guna merawat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.(adv)

Penulis : Seno
Editor : Fairuz