Jembatan dan Dermaga Prioritas Pembangunan di Derawan

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau berupaya untuk membenahi Pulau Derawan. Sebagai salah satu destinasi unggulan di Bumi Batiwakkal, Pulau Derawan pun menjadi prioritas pembangunan daerah.

Wakil Bupati Berau, Gamalis menyampaikan bahwa prioritas pembangunan di destinasi unggulan tersebut adalah dermaga dan jembatan. Khusus untuk jembatan, pembangunan akan dilakukan di ujung pantai Derawan tepatnya di resort BMI. Kondisi abrasi yang semakin parah setiap tahunnya menjadi pertimbangan utama dalam pembangunan jembatan tersebut.

“Ini (jembatan) merupakan solusi yang paling tepat sebagai penanganan abrasi. Karena fungsinya sebagai penahan ombak pada saat gelombang,” ujar Gamalis.

Menurutnya pembangunan jembatan ini merupakan solusi yang mudah dan tidak mahal. Karena sebelumnya juga sempat dilakukan program pembangunan penahan pantai. Namun program tersebut tidak berjalan maksimal.

“Jadi tidak terserap maksimal anggarannya. Biayanya juga cukup mahal. Programnya itu dari provinsi. Kalau ada jembatan ini juga bisa digunakan sebagai lokasi selfie. Tentu untuk mendukung kunjungan wistawan juga,” ungkapnya.

Untuk pembangunan jembatan ini, Pemkab Berau juga akan berupaya dalam menggaet anggaran dari Pemerintah Pusat. Mengingat kewenangan itu berada di pusat. Sebelumnya Pemkab juga telah menyusun anggaran dalam program pembangunan jembatan tersebut, namun pengalihan kewenangan ini membuat rencana tersebut terkendala. Dalam waktu dekat Pemkab Berau akan menyusun perencanaan pembangunan jembatan kemudian diajukan usulan ke pusat.

“Kalau di anggaran perubahan 2021 ini tidak bisa lagi. Jadi paling cepat di 2022 sudah kita lakukan perencanaan. Setelah itu kita ajukan, dan bila disetujui maka pembangunan bisa dilakukan di 2023. Yah kita berharap dapat dukungan dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAU),” harap Gamalis.

Sementara untuk pembangunan dermaga Pulau Derawan merupakan prioritas juga. Pasalnya di sana sebagai gerbang utama wistawan masuk. Tentu saja hal ini menjadi cerminan bagi wisatawan. Dengan dermaga yang memadai, diharapkan bisa mendongkrak juga kunjungan wistawan ke Berau.

“Tentu kita harus memberikan kesan pertama yang baik kepada wisatawan. Dermaga yang bagus dan dikelola secara profesional bakal memberikan hal positif,” pungkasnya.

Penulis : Tim

Editor : Fairuz

%d blogger menyukai ini: