Kampung Tertib Lalulintas di Bukit Biru Mulai Dinilai Mabes Polri

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Kampung Tertib Lalulintas di Bukit Biru mulai dinilai oleh Mabes Polri. Perwakilan sekaligus Ketua Tim Penilai dari Mabes Polri, AKBP Aldo Siahaan bersama tiga rekannya langsung mendatangi lokasi. Ditemani langsung oleh Kasatlantas Polres Kukar, AKP Anak Agung Ngurah Alit Saputra.

Aldo mengatakan jika dari sekian parameter penilaian lomba yang dilaksanakan secara nasional ini, Kelurahan Bukit Biru yang dibina langsung oleh Satlantas Polres Kukar hampir mendekati sempurna.

Seperti adanya rambu-rambu lalulintas, adanya trotoar, memiliki fasilitas pejalan kaki dan khusus pengguna sepeda. Dari sekian banyak parameter yang ditetapkan, diantaranya sudah dikerjakan oleh Kampung Tertib Lalulintas di Bukit Biru ini.

“Hal ini menjadi penilaian, semakin mendekati parameter, semakin besar peluang dan berpotensi menjadi yang terbaik,” jelas Aldo Siahaan, Kamis (3/6/2021).

Dengan adanya Kampung Tertib Lalulintas ini, Aldo mengharapkan kelurahan dancdesa lainnya ikut tergerak melakukan hal serupa. Tujuannya tidak lain memastikan masyarakat patuh berlalulintas dalam berkendara, dan menjadikan ini bentuk edukasi pada masyarakat.

Karena masih banyak keluarga yang belum paham dan peduli, dengan memperhatikan keselamatan saat berkendara di jalan raya.

Kukar diketahui bukan satu-satunya yang menciptakan kampung tertib lalulintas. Juga ada di Bontang dan PPU. Sehingga tiga kampung ini akan bersaing memperebutkan juara 1 dan kemudian mewakili Kaltim di pentas nasional, melawan 33 provinsi lainnya.

“Kalau tidak ada perubahan secepatnya, ditarget (pengumuman) pada tanggal 22 September ini diumumkan,” tutup Aldo.

Disisi lain, Kasatlantas Polres Kukar, AKP Anak Agung Ngurah Alit Saputra menjelaskan jika Kampung Tertib Lalulintas di Bukit Biru ini mampu melecut daerah lainnya untuk berbuat serupa. Sehingga budaya tertib berlalulintas di Kukar dapat terwujud dengan baik.

Pendampingan pun terus dilakukan, melalui pembinaan personil Satlantas Polres Kukar yang langsung ke Bukit Biru. Memberikan edukasi dan pemahaman langsung kepada masyarakat secara berkala. Atau memanggil perwakilan masyarakat ke Satlantas Polres Kukar, untuk dibina langsung dan saling berbagi edukasi, dijadwalkan seminggu sekali.

“Sepekan sekali di hari Sabtu untuk mengikuti pelatihan lalu lintas dan pengetahuan tentang Undang-Undang Lalulintas,” ujar Agung.

Penulis : Muhammad

Editor : Fairuz