Ketua DPRD Kaltim Berikan Pandangan Revisi RPJMD Terkait Dampak Positif dan Negatif Pembangunan IKN

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, SAMARINDA – Ketua DPRD Kalimantan Timur Makmur HAPK, turut menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Revisi RPJMD Kaltim Tahun 2019-2023 dan RKPD tahun 2022, yang berlangsung di pendopo Odah Etam Samarinda, Kamis (22/4/2021).

Dalam kesempatan itu, mantan Bupati Berau ini memberikan pandangannya terkait revisi RPJMD, salah satunya terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Menurutnya, pembangunan IKN memiliki dampak positif dan negatif di Bumi Etam.

Dampak positifnya yaitu infrastruktur menjadi prioritas pemerintah pusat dalam pembangunan kawasan IKN. Tentu dengan dampak tersebut akan mempermudah masyarakat mengakses tiap daerah di Kaltim.

Namun dari segi negatif pembangunan itu, Makmur HAPK menyarankan Pemerintah Provinsi Kaltim berkoordinasi dengan pusat dalam hal pemerataan pembangunan di Kaltim maupun kawasan IKN.

“Daerah Mahakam Ulu dan kawasan terpencil sebaiknya turut ikut dibangun. Harus seimbang jangan tidak seimbang. Fokusnya di IKN tapi daerah lain tidak. Tolong lah Kaltim dibangunkan infrastruktur, seiring dengan pembangunan IKN dalam rentang target pembangunan lima tahun,” ucapnya.

Penulis : Slamet
Editor : Fairuz