Vaksinasi Massal, Dinkes Kukar Target Seribu Penerima

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menjalani vaksinasi massal untuk kesekian kalinya. Di Gedung Beladiri Komplek Stadion Aji Imbut Kukar, selama dua hari. Tanggal 5 Juni dan 6 Juni 2021. Dengan target sasaran mencapai seribu penerima vaksin.

Sasarannya pun mencakup golongan lanjut usia (lansia), pra lansia, para pedagang dan ojek online (ojol). Serta pelayan publik yang terdiri dari tenaga pengajar guru yang belum sempat terlayani pada vaksinasi massal beberapa bulan yang lalu.

Untuk pelaksanaan vaksinasi kali ini, Dinkes Kukar menerapkan pelayanan yang berbeda dibanding pelayananan vaksinasi terdahulu. Semula calon penerima vaksin harus melewati 4 meja dalam tahapan vaksinasi, kini dipangkas hanya 2 meja pelayananan saja.

Diikuti dengan perubahan waktu tunggu observasi. Dipercepat dari waktu asal 30 menit menjadi 15 menit. Sesuai petunjuk dan teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Ini salah satu langkah agar tidak terjadi penumpukan calon penerima vaksin, jadi tidak menunggu lama dan tidak banyak meja, cepat prosesnya,” terang Sekretaris Dinkes Kukar, Ismi Mufiddah.

Ismi pun mengatakan, penerima vaksin akan mendapat jatah vaksin keduanya dengan jarak waktu sekitar 28 hari kedepan, yaitu kembali mendapatkan vaksin tahap keduanya pada 3 Juli mendatang. Untuk jenis vaksin, masih menggunakan vaksin buatan Sinovac yang diimpor dari Cina.

Penulis : Muhammad

Editor : Fairuz