Satgas Covid Kukar Perbolehkan Museum Beroperasi

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, TENGGARONG – Museum Mulawarman Tenggarong akan kembali beroperasi dalam waktu dekat. Setelah pihak pengelola mendapatkan izin dari Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Kukar, pasca dilakukan kunjungan serta pemeriksaan kesiapan penerapan protokol kesehatan.

Berdasarkan surat izin tersebut, Museum Mulawarman diperkenankan buka pada H+7 setelah perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah atau jatuh pada Kamis (20/5/21) lusa. Tetapi akan resmi membuka pelayanan pada tanggal 24 Mei 2021 mendatang.

Berdasarkan pantauan tim satgas, jika Museum Mulawarman sudah memenuhi standar pembukaan tempat wisata dimasa pandemi ini.

“Hasil kesepakatan rapat tim satgas, museum diperkenankan kembali buka, dan dibuka pada pekan depan,” papar Kepala UPTD Museum Mulawarman, Jaka Budiana melalui siaran persnya, Selasa (18/5/21).

Untuk penerapan prokes agar bisa berjalan sesuai rekomendasi, akan ada petugas yang berjaga. Mulai dari memastikan wisatawan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk dan saling menjaga jarak.

Bagi wisatawan yang tidak menggunakan masker akan dilarang masuk, namun pihak pengelola tetap menyiapkan masker untuk pengunjung.

Pembatasan wisatawan tidak luput dari perhatian satgas. Hanya maksimal 50 persen wisatawan saja yang boleh. Yaitu 50 pengunjung setiap kali membuka pelayanan kunjungan.

“Jika terjadi penumpukkan, maka akan kami stop terlebih dahulu untuk mencegah dan penerapan protokol,” tutup Jaka.

Penulis : Muhammad
Editor : Fairuz