Lonjakan Penumpang Terjadi di Pelabuhan Samarinda

Subscribe Youtube KALTIMTARA NEWS

KALTIMTARA.ID, SAMARINDA – Berakhirnya masa larangan mudik perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Pelabuhan Yos Sudarso Samarinda mulai beroperasi kembali. Tampak Kapal Motor Penumpang (KMP) Prince Soya dengan tujuan Pare-Pare, Sulawesi Selatan tiba di pelabuhan, pada Rabu (19/5/2021).

Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli KSOP Kelas II Samarinda, Capt Slamet Isyadi saat ditemui di kantornya mengatakan, KMP Prince Soya membawa 1.030 orang penumpang, 10 Kendaraan roda 4, dan 44 Kendaraan roda 2.

Diketahui, Pemerintah memberikan batas maksimum sebanyak 75 persen dari kapasitas transportasi umum dalam masa pengetatan dari tanggal 18 Mei hingga 24 Mei 2021.

Slamet juga menyebutkan, terdapat lonjakan penumpang dari hari biasanya. Namun, kenaikan tersebut tidaklah melebihi batas maksimum yang telah ditetapkan.

“Jumlah penumpang yang terdaftar dalam kapal yang diberangkatkan pada hari ini sebanyak 1.030 orang dengan kapasitas maksimum kapal sebanyak 1.750 orang. Maka, kurang lebih sekitar 60 persen penumpang yang berangkat ke Pare-Pare,” ujar Slamet.

Ia juga mengungkapkan, pada tanggal 22 Mei dan 23 Mei 2021 mendatang, pelabuhan Samarinda akan kedatangan dua kapal penumpang dari Pare-Pare.

“Kita prediksi kemungkinan di hari Sabtu dan Minggu terjadi arus balik. Kita juga telah berkoordinasi dengan unsur-unsur yang ada di pelabuhan baik itu KKP, KP3, maupun Pelindo untuk melakukan pengamanan arus balik ini,” terang Slamet.

Tak hanya itu Slamet juga mengemukakan, belum diketahui pasti berapa jumlah penumpang kapal yang datang dari Pare-Pare. Dikarenakan kapal tersebut baru akan diberangkatkan pada 20 Mei 2021 mendatang.

Penulis: Bayu
Editor : Fairuz

%d blogger menyukai ini: